Mau CV Kamu Dilirik Recruiter? Simak Contoh CV untuk Fresh Graduate! | Campuspedia Academy
Mau CV Kamu Dilirik Recruiter? Simak Contoh CV untuk Fresh Graduate!
12th January 2021 By zFPWdwPk
blog

Halo Sobat Campuspedia! Tentu kamu sudah mengetahui bahwa CV merupakan tahap seleksi paling awal yang memiliki bobot penilaian yang tinggi bagi calon karyawan. Bagi fresh graduate, CV yang baik menjadi fokus utama untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Namun, apakah kamu sudah tahu contoh cv fresh graduate yang baik dan benar? Yu, simak cara membuat CV fresh graduate yang tepat, buat recruiter terpikat!

Format Contoh CV Fresh Graduate Itu Seperti Apa Sih?

Pada dasarnya, memang tidak ada benar dan salah ketika kita ingin menilai CV fresh graduate. Setiap individu pasti mempunyai referensinya masing-masing dalam membuat CV, entah itu perihal font type, font size, design, color, dan photo. Ingatlah bahwa esensi utama dari CV adalah informasi dan relevansi. Oleh karena itu, ada beberapa poin penting yang sebaiknya menjadi fokus perhatian dalam membuat CV fresh graduate, antara lain

  • Personal Information

Format personal information yang baik dan benar meliputi nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan current location. Kamu tidak perlu untuk mencantumkan alamat lengkap rumah, tinggi dan berat badan (kecuali kamu melamar di bidang yang menjadikan kedua hal ini sebagai prasyarat), agama, foto keluarga, foto selfie, dan KK. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Softskill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

  • Education and Qualification

contoh cv fresh graduate

Sebagai fresh graduate, poin ini sangat penting untuk menjadi bagian CV fresh graduate kamu. Tulislah education background kamu, seperti berkuliah di universitas apa dan jurusan apa. Jangan lupa, sertakan pula kualifikasi yang kamu dapatkan selama berkuliah yang menunjang bidang yang kamu lamar. 

Seperti contoh, jika kamu ingin melamar menjadi akuntan, maka kamu bisa menuliskan mata kuliah terkait akuntansi dan kualifikasi/skill yang kamu punya berkaitan dengan bidang tersebut. Kamu juga bisa mencantumkan IPK/GPA di bagian ini. Perlu diingat, kamu tidak perlu mencantumkan semua jenjang pendidikan mulai dari SD, ya!

Baca Juga: Top Skill of 2025! Pahami Tips Menjadi Kreatif dalam Bekerja

  • Working Experiences

contoh cv fresh graduate

Pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan corporate/agency/etc tempat kamu bekerja. Lengkapi juga dengan divisi/bidang dan jabatan yang kamu tempati. Jangan lupa untuk memberikan rangkuman pengalaman, kegiatan, dan capaian yang kamu dapatkan selama bekerja di sana ya!

  • Organizational Experiences

contoh cv fresh graduate

Mirip seperti bagian sebelumnya, di bagian ini kamu perlu menjelaskan mengenai pengalaman organisasi, mulai dari nama organisasinya sampai kegiatan dan capaiannya. Kamu tidak perlu mencantumkan semua pengalaman organisasi kamu di CV fresh graduate, cukup cantumkan pengalaman yang relevan dengan bidang yang dilamar, ya!

  • Skills & Certification

Cantumkan skills yang menunjukkan bahwa kamu memenuhi kualifikasi dari bidang yang ingin kamu lamar. Kamu harus jujur ketika menuliskan skills di CV fresh graduate karena itu akan menjadi pertanggungjawaban kamu ketika diterima kerja nanti. Tuliskan skill yang lebih mengarah kepada hard skill karena biasanya soft skill akan terlihat melalui penjelasan pengalaman kerja dan organisasimu. 

Kamu bisa mencantumkan sertifikat terbaru yang kamu dapatkan, upayakan bahwa sertifikat yang kamu lampirkan tercantum lengkap informasi mengenai institusi dan tanggal kamu mendapatkan sertifikat tersebut. 

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatur Waktu Kerja Hanya dengan 3 Teknik Unik Berikut!

Tips Tambahan Supaya CV Dilirik HR

Tidak ada yang bisa menjamin CV fresh graduate kamu akan dilirik oleh HR, tetapi ada beberapa tips yang bisa coba kamu upayakan sebagai berikut.

  • Mengganti Font

Coba gunakan font serif, garamond, atau font lainnya yang terlihat profesional. Selain akan mudah dibaca, font yang tepat juga akan terlihat lebih menarik dan kreatif.

  • Rename Semua Nama File 

Sebelum mengirim CV ke email atau platform lainnya, ubah format file sesuai dengan format berikut: nama_bidang pekerjaan yang kamu lamar_jenis file (Minca_HR_CV) atau kamu juga bisa sesuaikan dengan ketentuan format yang sudah tersedia dari masing-masing perusahaan. 

  • Perhatikan Tata Letak 

Atur format CV kamu dengan rapi, seperti spasi atas bawah, margin kanan kiri, dan lainnya. Pastikan juga untuk membentuk format CV menjadi Pdf. Buatlah CV kamu secara singkat, padat, dan jelas, serta pastikan tidak ada typo.

Semoga sekarang kamu lebih mahir dalam membuat CV untuk fresh graduate, ya! Supaya proses dalam meniti karier semakin lancar, kamu juga membutuhkan career planning yang tepat untuk dapat meningkatkan kualifikasi diri (pendidikan dan skill) yang dibutuhkan untuk posisi/pekerjaan yang diinginkan. Kamu bisa lho upgrade skill dan kompetensi kamu di online career class Campuspedia Academy dan ikuti kelas-kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu di sini. Semoga berhasil!