Contoh Soft Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja | Campuspedia Academy
Contoh Soft Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja
16th January 2021 By zFPWdwPk
blog

Halo Sobat Campuspedia! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dong dengan kata soft skill? Di zaman sekarang ini, soft skill sangat diperlukan lho dalam dunia kerja untuk menunjang keberhasilan kariermu kedepannya. Ada banyak sekali contoh soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, mulai dari skill komunikasi, berpikir kreatif, berpikir kritis, dan lainnya. Walaupun soft skill umumnya diukur berdasarkan penilaian subjektif, tetapi eksistensinya sangat dihargai lho dalam dunia profesional. Yuk, simak selengkapnya mengenai contoh soft skill sampai selesai!

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill

Umumnya, hard skill lebih mudah dipelajari karena terdapat instansi seperti sekolah dan tempat kursus tertentu yang dapat mengajarkan hard skill tersebut. Contoh hard skill yaitu keterampilan mengenai software tertentu, keahlian menggunakan program statistik, menggunakan adobe photoshop, dan lainnya.

Di samping itu, soft skill lebih kepada kemampuan personal yang mengukur performa kamu dalam bekerja atau berinteraksi. Kamu dapat mempelajari dan meningkatkan soft skill dengan membaca buku, mendengarkan pengalaman orang lain, dan belajar melalui pengalaman sendiri. 

Baca Juga: Wajib Tahu Cara Mengatur Waktu Kerja dengan 3 Teknik Unik Berikut!

Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan contoh softskill dalam dunia kerja yang paling banyak dibutuhkan karena di setiap interaksi kita pasti membutuhkan unsur komunikasi di dalamnya. Skill komunikasi mencakup kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif dan efisien, berkomunikasi dengan sopan dan santun, serta percaya diri dalam berkomunikasi.

Public speaking merupakan contoh soft skill yang berkaitan erat dengan komunikasi. Masih banyak sekali orang yang merasa belum mampu berbicara di depan umum sehingga memilih untuk tidak melakukannya. Namun, jika kamu ingin sukses sebagai seorang profesional muda, kamu harus berani menaklukan soft skill yang satu ini.

2. Adaptasi

Kemampuan beradaptasi sangat dibutuhkan untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang berubah-ubah dan tetap produktif mengikuti perkembangan zaman. Adaptasi disini mencakup mulai dari adaptasi dengan orang baru, lingkungan kerja, budaya kerja, sistem kerja di organisasi atau perusahaan, sampai perkembangan teknologi dan digital. Sepanjang kamu bekerja, sangat mungkin kamu menemukan perubahan-perubahan yang bisa jadi datang secara tiba-tiba. So, persiapkan kemampuanmu untuk beradaptasi, ya!

3. Penyelesaian Konflik

Semakin tinggi level pendidikan dan pekerjaan kamu nantinya, maka semakin banyak pula masalah atau konflik yang harus kamu hadapi. Kemampuan problem solving sangat dibutuhkan di bidang pekerjaan apapun karena setiap bidang pekerjaan membutuhkan kemampuan penyelesaian konflik demi tercapainya perkembangan hasil kerja yang lebih baik.

4. Kreatif dan Inovatif

Persaingan dunia profesional sangatlah berat. Oleh karena itu, mau tidak mau harus bisa berpikir kreatif dan inovatif sebagai softskill dalam dunia kerja yang perlu kita kuasai. Kemampuan berpikir kreatif dan inovatif mencakup pemberian ide atau solusi unik untuk memecahkan suatu masalah. Orang kreatif biasanya lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan berani mengambil risiko.

5. Kepemimpinan

Sebagai seorang individu, kamu tidak hanya membutuhkan skill manajemen diri saja, tetapi juga perlu memiliki skill kepemimpinan yang baik. Tidak hanya seorang petinggi yang membutuhkan skill ini, melainkan seorang staff juga harus memiliki sifat dasar kepemimpinan untuk memimpin suatu acara, proyek, atau pekerjaan. Kamu tentunya tidak berpikir bahwa akan selamanya bekerja di posisi yang sama, bukan? Setiap orang pasti menginginkan posisi yang semakin tinggi dalam kariernya. Maka dari itu, kamu tidak bisa menghindar untuk menjadi seorang pemimpin.

6. Berpikir Kritis

Contoh soft skill lain yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis digunakan untuk melihat segala sesuatunya lebih jernih, objektif, dan rasional. Kemampuan berpikir kritis bisa menuntunmu untuk memahami gagasan yang logis, mengidentifikasi dan mengevaluasi sebuah konsep, dan mendeteksi kebenaran dari konsep tersebut.

7. Kecerdasan Emosional

Sebagai individu yang dapat terus berkembang, kamu membutuhkan kecerdasan emosional yang baik lho. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengatur emosi di dalam diri. Emosi itu bisa marah, kecewa, sedih, senang, dan lain-lain. Mereka mampu mengaturnya di dalam situasi-situasi yang tepat.

8. Negosiasi 

Negosiasi memiliki tujuan untuk mendiskusikan masalah antara dua pihak atau lebih untuk mencari jalan keluar. Dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari, keterampilan ini sangatlah dibutuhkan untuk mengambil kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak. 

Baca Juga: Persaingan Kerja Semakin Kompetitif, Pahami Cara Mmebangun Personal Branding yang Kuat!

Rancang Career Planning untuk Masa Depanmu yang Gemilang!

Menghimpun dan mengetahui informasi mengenai skill-skill yang kamu perlukan tidaklah cukup. Kamu juga membutuhkan career planning yang tepat untuk dapat meningkatkan kualifikasi diri (pendidikan dan skill) yang dibutuhkan untuk posisi/pekerjaan yang diinginkan. Kamu bisa lho upgrade skill dan kompetensi kamu di online career class Campuspedia dan ikuti kelas-kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu di sini. Semoga berhasil!